RAJA AMPAT PAPUA

Raja Ampat, atau “Empat Raja,” meliputi kepulauan lebih dari 9,8 juta hektar tanah dan laut dari ujung barat laut di Indonesia Provinsi Papua Barat. Terletak di Segitiga Karang, jantung keanekaragaman hayati terumbu karang dunia, laut sekitar Raja Ampat mungkin memegang berbagai spesies terkaya di dunia.

Koloni besar wilayah karang menunjukkan bahwa karang yang tahan terhadap ancaman seperti pemutihan karang dan penyakit-ancaman yang sekarang membahayakan kelangsungan hidup terumbu karang di seluruh dunia. Selain itu, laut yang kuat di Raja Ampat arus larva karang dan ikan melewati samudra Hindia dan Pasifik ke ekosistem karang lainnya. Keanekaragaman karang di Raja Ampat, ketahanan terhadap ancaman, dan kemampuan untuk mengisi terumbu membuatnya menjadi prioritas global untuk perlindungan laut.

Pada tahun 2002, The Nature Conservancy dan mitra lainnya mengadakan suatu penelitian ilmiah dari Kepulauan Raja Ampat untuk mengumpulkan informasi tentang ekosistem laut, bakau, dan hutan. Survei itu menunjukkan bahwa di Raja Ampat karang dipastikan 537 spesies-an% 75 luar biasa dari semua spesies karang yang dikenal. Selain itu, 899 spesies ikan tercatat, menaikkan total dikenal Raja Ampat ke 1.074 menakjubkan. Di darat, penelitian ini menemukan berbagai tumbuhan hutan, tumbuhan langka, batuan kapur dan ribuan beachesfor bersarang penyu laut.

“Raja Ampat terletak tersembunyi di sudut terpencil laut, dikelilingi oleh sebagian besar pulau-rumit geografi dunia. Ini adalah alam semesta karang dengan arus besar dan pasang mandi terumbu dalam rebusan plankton tak berujung. Kombinasi dari berbagai arus tak terbatas habitat dan kaya telah menghasilkan belantara menetes di bawah keanekaragaman hayati. Tempat terakhir yang benar di Bumi “– David Hayes Doubilet dan Jen (fotografer Underwater / jurnalis foto di National Geographic)

7 Responses

  1. .Assalamualaikum.wr.wb… Bgi anda ingin dibantu jdi PNS Hub.bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. diBKN PUSAT 0813-2612-2555.krn bliau prnh bantu sy waktu sy masih honor skrg sy sdah PNS

  2. Kalau gw dh nganggur 12 thn lbh. gw juga dh berumur 36 thn blm pernah pacaran. dlu gw di perantauan, kalau krja spt anak bawang shg gw sering dimutasi krn dianggap gk becus. gw kalau nyari cewek juga spt anak bawang shg gw sering ditolak dan diremehkan cewek. dlu teman gw ada yg anggap gw bodoh + lemah, manusia aneh dan langka, gk punya masa dpan, manusia setengah jadi, gk berguna dll. gw kmdian pulang kampung malahan nganggur dan jomblo sngt lama. gw nyoba bisnis di intrnt tp gagal trs. gw buka usaha kecil kecilan hasil nya gk cukup memenuhi kebutuhan sehari hari. gw dh beberapa thn rajin ibadah tp nasib gk berubah. tp org2 di sekitar gw, mrk gk ada yg tergerak utk menolong gw. mrk malah bkin mslh gw jd lbh berat. mrk gk kasihan kpd gw. hal itu bkin gw 12 thn tiap hari marah, kesal, murung, susah tidur, gw pngn bunuh diri atau bunuh org.

Leave a Reply

